Terpopuler Bisnis: The Fed Naikkan Suku Bunga, 16 Tuntutan Buruh


TEMPO.CO, Jakarta -Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Kamis, 5 Mei 2022 dimulai dengan Bank sentral AS Federal Reserve alias The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga 50 basis poin usai rapat FOMC, Kamis, 5 Mei 2022, dini hari waktu Indonesia.

Kemudian informasi mengenai Bambang Brodjonegoro resmi ditunjuk menjadi Ketua Tim Penasihat Transisi Ibu Kota Negara (IKN). Keputusan tersebut dimuat dalam Keputusan Menteri Sekretariat Negara (Kepmensetneg) No. 105/2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara.

Selain itu berita tentang Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan bahwa sekitar 100 ribu buruh akan menggelar aksi di Gedung DPR sebagai peringatan Hari Buruh atau May Day pada 14 Mei 2022. Pada aksi tersebut, para buruh akan menyampaikan 16 tuntutan. Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut:

1. Tekan Inflasi, The Fed Resmi Naikkan Suku Bunga AS 50 Basis Poin

Bank sentral AS Federal Reserve alias The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga 50 basis poin usai rapat FOMC, Kamis, 5 Mei 2022, dini hari waktu Indonesia. Kebijakan tersebut akan membuat kisaran target untuk suku bunga dana federal mencapai 0,75 persen hingga 1 persen, dibandingkan kisaran sebelumnya yang berada pada rentang 0,25 persen hingga 0,5 persen.

Ini merupakan kenaikan paling agresif yang pernah dilakukan The Fed sejak 2000. The Fed mengatakan bahwa kenaikan suku bunga ini terpaksa ditempuh demi menetralisir kondisi inflasi AS.

“Inflasi sudah terlalu tinggi. Kami memahami dampak yang ditimbulkan, dan kami bergerak secepat mungkin untuk membuatnya turun lagi,” tutur Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pernyataan resminya.

Pada Maret 2022, kenaikan year on year (yoy) inflasi AS telah mencapai 8,4 persen atau rekor tertinggi dalam 41 tahun terakhir. Tepatnya sejak Desember 1981.

Baca berita selengkapnya di sini.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »