Lake Toba

Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam dunia yang sangat menakjubkan. Danau kawah ini begitu besar dan di tengah danau ini ada sebuah pulau yang ukurannya hampir sebesar Singapura.
Selengkapnya

The Miracle of
Lake Toba

Lokasi Sumatra Utara

Koordinat 2.68°N 98.88°E 

Panjang Maks. 100 km²

Lebar Maks. 30 km²

Area Permukaan 1130 km²

Kedalaman Maks. 505 meter

Volume Air 240 km³

Ketinggian Permukaan 905 meter

Kota Terdekat Prapat

Bandara Kualanamu International Airport (KNO)

Transportasi Udara
Kota Medan adalah gerbang internasional, jadi setiap hari ada layanan penerbangan dari berbagai kota, dari Bandara Kualanamu Medan. Juga ada penerbangan internasional dari Medan ke Malaysia, Singapura dan Thailand.

Transportasi Darat
Parapat, sebuah kota di dekat Danau Toba, jaraknya sekitar 176 km dari kota Medan dapat dicapai hanya sekitar enam jam dengan bus. Bus biasanya menawarkan dua rute; Medan-Parapat atau Medan-Berastagi.

Transportasi Air
Begitu sampai di Parapat, dilanjutkan naik kapal ferry ke Pulau Samosir. Kapal-kapal ferry ini dijadwalkan berangkat setiap satu setengah jam. Ada dua titik pendaratan kapal ferry di pulau Samosir; yang pertama adalah Desa Tomok, dan yang kedua adalah Desa Tuktuk

Lihat Galeri
Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan. Ini adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam dunia yang sangat menakjubkan. Danau kawah ini begitu besar dan di tengah danau ini ada sebuah pulau yang ukurannya hampir sebesar Singapura. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi, dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan. Ini adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Sebuah Petualangan yang Menawarkan Ketenangan
Danau Toba adalah tempat di mana Sobat Pesona akan menemukan suasana sempurna untuk duduk-duduk dan meresapi keindahan pemandangan yang begitu alami. Sambil bersantai dan menikmati panorama gunung di hadapan danau yang sejuk dan jernih ini, segala kekhawatiran yang Sobat Pesona rasakan di dunia ini niscaya beranjak pergi. Posisi Danau Toba yang terletak 900 meter di atas permukaan laut membuat suasana di sekitar danau lebih sejuk, dan suasana inilah yang sangat dibutuhkan Sobat Pesona setelah penat berjibaku setiap hari di tengah kota yang panas dan penuh terpolusi.

Bagaimana caranya berjalan-jalan menikmati Danau Toba?
Rasakan angin sejuk yang meniup rambut dan jelajahilah alam Danau Toba yang indah ini dengan menyewa motor seperti layaknya warga lokal lainnya. Kalau Sobat Pesona sedang di Pulau Samosir sediakan sehari untuk berkendara ke puncak pulau ini. Meskipun jalannya kasar dan tak beraspal, perjalanan ini menawarkan pemandangan spektakuler Danau Toba dari puncak tertinggi Pulau Samosir. Nah kalau Sobat Pesona tinggal di Desa Tuk Tuk saat sedang di Samosir, cara terbaik untuk menikmati pulau ini adalah dengan berjalan kaki santai dan menjelajahi desa ini melewati jalan-jalan utama desa ini.

Daya Tarik Danau Toba
Ada banyak sekali cara bagi Sobat Pesona untuk menikmati pemandangan alam Danau Toba. Banyak yang bilang bahwa berkayak di Danau Toba adalah pengalaman sekali seumur hidup. Umumnya ada tiga rute yang bisa Sobat Pesona ambil jika mau menjelajah danau dengan kayak. Rute yang mudah adalah Tongging – Silalahi sepanjang 12 km, lalu rute yang cukup menantang adalah Tongging – Samosir sekitar 50 km, dan yang terakhir adalah rute Lingkaran Utara yang sangat sulit, berjarak 175 km.

Ada apa di Danau Toba?

Banyaknya lokasi indah dan ragam kegiatan yang ada membuat Danau Toba tidak cukup dinikmati dalam sehari. Kalau ingin mengunjunginya, luangkan waktu lebih banyak agar liburanmu di sini lebih berkesan
Lebih Lengkap

Berlangganan e-Mag secara gratis

Guna memastikan Anda selalu memperoleh berita dan informasi terbaru dari kami, masukan email anda untuk menerima notifikasi setiap terbit edisi terbaru electronic-Magazine Discover Indonesia yang dapat Anda download secara gratis.


    ** Email hanya akan digunakan untuk kepentingan verifikasi berlangganan dan mengirimkan notifikasi.

    Mau ke Danau Toba gratis?

    Segera daftar dan Ikuti Instagram photo challenge, karena ada hadiah liburan gratis senilai Rp.6.500.000,-/pax untuk puluhan pemenang dari My Journey. Dan ditambah, setiap peserta akan mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah kamera Sony A7 Mark III, DJI mavi Pro dan GoPro hero7, serta hadiah puluhan juta uang tunai.