Petugas terapkan buka tutup “rest area” di Tol Cipali



Purwakarta (ANTARA) – Petugas menerapkan sistem buka tutup “rest area” di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk menghindari tersendatnya arus lalu lintas di titik menjelang tempat istirahat tersebut.

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Sabtu, mengatakan kepadatan arus lalu lintas terjadi menjelang “rest area”.

Atas hal tersebut, pihaknya bersama kepolisian memberlakukan sistem buka tutup “rest area”. Penutupan “rest area” dilakukan jika kondisinya sudah tidak bisa menampung kendaraan.

Baca juga: Operator Tol Cipali imbau pengendara tak parkir di bahu jalan

Ia mengimbau para pengguna jalan dapat beristirahat di “rest area” berikutnya jika dilakukan penutupan, atau keluar di gerbang tol terdekat.

“Kami mengimbau para pengguna jalan dapat mematuhi aturan yang berlaku, tidak berhenti di bahu jalan atau memotong jalan di median,” kata dia.

Dilaporkan pada Sabtu ini arus balik H+4 Lebaran 2022 di jalan Tol Cipali terpantau cukup ramai di tengah penerapan “one way”. Kendaraan yang melintas masih didominasi kendaraan pribadi.

Baca juga: Menhub dukung Korlantas terapkan rekayasa lalu lintas di jalur tol

Penerapan “one way” dilakukan atas diskresi pihak kepolisian dan masih diberlakukan hingga Sabtu sore.

Pada Sabtu, jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan menuju arah barat sebanyak 38.337 kendaraan. Sedangkan pada Jumat (6/5) tercatat sebanyak 122.346 kendaraan yang melintasi ruas tol Cipali.

Baca juga: Pemudik sepeda motor banyak salah jalan ke jalur Tol Cileunyi

Suyitno mengimbau para pengendara tetap berhati-hati dan menjaga jarak aman serta berkendara dengan batas kecepatan minimal 60 km/jam dan batas maksimal 100 km/jam.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »