Pasar Murah di Pasuruan, Erick Thohir: Semoga Meringankan Beban Masyarakat


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri pasar murah di gedung Harmoni, Pasuruan, Jawa Timur. Erick menyatakan kegiatan operasi pasar itu digelar untuk mewujudkan pemerataan pasokan bahan pangan dan keseimbangan harga.

“Semoga pasar murah yang diadakan ini dapat meringankan beban masyarakat,” ujar Erick dalam keterangannya, Kamis, 5 Mei 2022.

Operasi pasar dilaksanakan oleh perusahaan pelat merah sejak Ramadan di tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok. Operasi pasar berlanjut setelah Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Operasi pasar murah ini untuk memastikan kehadiran kita sebagai bagian dari pemerintah dan negara. Kegiatan ini sudah berjalan tanpa henti sejak Ramadan dan berlanjut setelahnya. Kami ingin berbagi, terutama ke masyarakat yang sudah mendukung pemerintah dan BUMN,” ucap Erick.

Selama operasi pasar, BUMN menyiapkan minyak goreng dan bahan-bahan pokok lainnya dengan harga terjangkau. Pada waktu yang sama, Erick mengatakan BUMN memiliki program lain yang mendukung masyarakat Pasuruan, seperti Makmur untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan.

Kemudian, kata Erick, BUMN juga memiliki kegiatan pendampingan dan akses pembiayaan bagi petani setempat. Pendampingan itu sudah mencakup 118 hektare lahan dan melibatkan 155 petani.

Sedangkan di Jawa Timur sudah terdapat 21.760 hektare lahan yang diberikan akses pembiayaan. Program tersebut melibatkan 18.666 petani yang mengikuti program Makmur.

“Kemudian karena Pasuruan dikenal sebagai salah satu sentra industri gula, melalui PTPN (Perusahaan Perkebunan Nusantara), kami ingin mengembalikan kejayaan dengan meningkatkan produktivitas industri gula,” ucap Erick.

Erick berharap tak hanya industri di Pasuruan yang produktivitasnya akan meningkat. Program-program BUMN, tutur eks bos Inter Milan itu, akan membuka lapangan kerja, kesempatan berusaha, dan kemajuan bagi  UMKM.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Baca: Erick Thohir: Persiapan Mudik Lebaran 2022 Baik, Meski Ada Kekurangan

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »