Michael Owen Klaim Van Dijk Bek Tengah Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola


Van Dijk sukses mengawal area pertahanan Liverpool dan meraih sejumlah gelar.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE — Mantan penyerang timnas Inggris dan Liverpool, Michael Owen, mengeklaim bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, sebagai salah satu bek tengah terbaik yang dimiliki oleh the Reds sepanjang sejarah. Owen juga menyebut Van Dijk layak bergabung dengan deretan bek-bek tengah terbaik dunia.


“Dia seperti Paolo Maldini, Franco Baresi, Fabio Cannavaro, dan Rio Ferdinand yang telah memenangkan banyak trofi bersama timnya. Saya akan melangkah lebih jauh bahwa dia (Van Dijk) adalah bek tengah terbaik sepanjang masa,” kata Owen menegaskan dilansir Sportsmole, Kamis (5/5/2022).

Banyak pertanyaan yang terlontar manakala pelatih Juergen Klopp mendesak Liverpool untuk mendatangkan bek bertubuh besar dari Southampton ke Merseyside dengan biaya sebesar 75 juta pounds pada 2018 silam.

Namun kejelian Klopp terbukti langsung dengan keberhasilan Van Dijk mengawal area pertahanan the Anfield Gank sekaligus mempersembahkan titel Liga Champions, Liga Primer Inggris, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Bahkan bek tengah berpaspor Belanda itu dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa pada tahun 2019 lalu.

Meski menderita cedera ACL musim lalu yang membuatnya absen memperkuat Liverpool pada musim 2020/2021, Van Dijk telah kembali sebagai sosok yang mengesankan di jantung pertahanan the Reds musim ini sekaligus membuat kehadirannya sangat berpengaruh.

Owen pun berbicara kepada Rio Ferdinand dalam wawancara di BT Sport bagaimana Van Dijk memiliki atribut lengkap sebagai bek sepak bola modern.

“Ferdinand adalah bek tengah terbaik yang pernah bermain dengan saya. Van Dijk sendiri menghadirkan sesuatu yang baru di sepak bola modern dengan kecepatan, postur tubuh besar, dan dia sangat brilian dalam menguasai bola, mencetak gol,” sambung Owen.

Ferdinand mengaku tidak tersinggung dengan pengakuan Owen. Ia bahkan sepakat oleh pernyataan eks rekan setimnya di Manchester United (MU).

Bagi Ferdinand, Van Dijk layak mendapat pujian setelah apa yang ia lakukan bersama skuad Juergen Klopp dalam kurun waktu beberapa musim terakhir. “Dengar, Van Dijk adalah bek tengah terbaik di planet ini saat ini,” kata Ferdinand.

Van Dijk baru saja membawa Liverpool mengamankan tiket final Liga Champions setelah mengalahkan Villarreal dengan agregat akhir 5-2 pada leg kedua semifinal. Sementara itu the Reds di ambang quadruple musim ini setelah masih bersaing di tiga kompetisi lainnya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »