Cegah Macet Arus Balik di Ketapang, Truk Logistik Dialihkan ke Pelabuhan Jangkar


TEMPO.CO, Jakarta -Kementerian Perhubungan mengalihkan lalu-lintas truk logistik atau kendaraan berat dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar. Pelabuhan Jangkar terletak di Situbondo dan berjarak 65 kilometer dari Ketapang.

“Ini untuk mengantisipasi kepadatan arus balik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi di Posko Angkutan Lebaran Terpadu di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Mei 2022.

Pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 6-8 Mei 2022. Selain pemindahan kendaraan logistik ke Pelabuhan Jangkar, Kementerian Perhubungan melakukan sejumlah rekayasa lalu-lintas.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan akan menerapkan skenario one way atau jalur satu arah mulai Jembatan Timbang Wacuk Dodol menuju dermaga Pelabuhan Ketapang. Kemudian dari arah Banyuwangi, kendaraan bakal diarahkan menggunakan jalan lingkar dalam Jawa Timur.

Budi Setiyadi memastikan waktu penerapan one way akan diatur oleh kepolisian. “Dengan demikian diharapkan mengurangi konflik kepadatan yang terjadi,” ujar Budi.

Pada arus mudik Lebaran 1443 Hijriah, pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih tercatat paling tinggi dibandingkan dengan moda lainnya. Jumlah penumpang menggunakan angkutan penyeberangan mencapai 2.158.947 orang.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »