Arus Balik Lebaran 2022, Ribuan Kendaraan Padati Pelabuhan Bakauheni Malam Ini


TEMPO.CO, Bandarlampung – Ribuan kendaraan roda dua dan empat tampak memadati kantong parkir di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada tiga hari setelah hari raya Lebaran 2022, Jumat malam, 6 Mei 2022. Para pemudik antre menunggu giliran berlayar menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Antrean kendaraan di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, tersebut terlihat sejak pukul 20.00 WIB. Ribuan kendaraan itu mendatangi pelabuhan secara bergelombang dan petugas mengarahkan ke sejumlah kantong parkir di pelabuhan tersebut.

Para petugas petugas mengarahkan kendaraan untuk memasuki pelabuhan ke sejumlah kantong parkir di beberapa dermaga dengan menggunakan pengeras suara. Hal tersebut dilakukan agar tak terjadi penumpukan dan antrean panjang kendaraan.

Adapun pemudik yang telah selesai merayakan hari raya Idul Fitri 2022 di kampung halamannya diperkirakan bakal terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Pelabuhan Bakauheni diperkirakan akan mengalami puncak arus balik Lebaran 2022 pada Sabtu dan Ahad iniatau H+4 dan H+5. Pasalnya, masyarakat akan kembali beraktivitas pada Senin pekan depan, 9 Mei 2022.

Koordinator Wakil Ketua Umum IV Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi, Carmelita Hartoto, menyatakan, khusus pada angkutan penyeberangan perlu ada alternatif pelabuhan pada lintasan penyeberangan dengan menyiapkan Pelabuhan Panjang di Lampung ke Pelabuhan Ciwandan di Banten dan sebaliknya.

Kedua pelabuhan itu berfungsi untuk menyokong kelancaran di Pelabuhan Bakaheuni di Lampung dan Pelabuhan Merak di Banten. DPC INSA Panjang, kata Carmelita, juga telah membantu operator pelabuhan dalam mempersiapkan pengoperasian terminal di Pelabuhan Panjang dalam arus mudik dan balik kali ini.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »