6 Oleh-oleh Makanan Khas Belitung

Belitung dikenal memiliki dua kategori oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan yaitu oleh-oleh kering dan basah. Salah satu oleh-oleh basah yang wajib dibawa pulang adalah makanannya. Kami telah merangkum 6 oleh-oleh basah yang dapat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut 6 oleh-oleh berupa makanan basah khas Belitung:

1. Sirup Jeruk Kunci

Jeruk Kunci menjadi pilihan utama yang bisa kamu bawa pulang ketika ke Belitung. Hal ini karena Bangka-Belitung terkenal sebagai daerah penghasil jeruk kunci berkualitas baik.  Minuman khas Belitung ini berasal dari perasan air jeruk kunci, dan sedikit tambahan gula. Sedangkan jeruk kuncinya sendiri berukuran kecil, tisak sampai seukuran bola pingpong. Jeruk ini memiliki rasa yang asam dan manis, namun segar. Jeruk ini juga digunakan untuk membuat campuran sambal. Satu botol sirup jeruk kunci dijual dengan harga rata-rata Rp 35.000 di toko oleh-oleh yang ada di Belitung.

2. Ketam Isi atau Kepiting Isi

Makanan ini berbahan dasar kepiting yang isinya dikeluarkan dari cangkang, lalu dicampur terpung dan bumbu, dan dimasukkan kembali ke cangkang. Setelah itu digoreng dan dapat disantap pula bersama cangkang-cangkangnya. Makanan ini terhitung makanan yang awet karena dapat bertahan hingga tiga hari jika di luar lemari pendingin. Sedangkan apabila di dalam lemari pendingin dapat bertahan hingga satu bulan. Kisaran harganya, untuk satuan box yang berisi 10 Rp 100.000, sementara untuk isi 20 dihargai Rp 200.000.

3. Pempek Belitung

Pempek Belitung memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan pempek Palembang. Bedanya, kalau di Palembang mereka menggunakan ikan yang hidup di air tawar, sedangkan pempek Belitung menggunakan ikan air laut. Untuk kuahnya pun berbeda, pempek palembang terkenal disantap dengan cuko. Sedangkan di Belitung pempek disantap dengan sambal tauco atau sambal jeruk kunci. Pempek di Belitung umumnya juga tidak digoreng seperti pempek palembang. Ikan yang dipakai biasanya ikan tenggiri dan ikan parang-parang. Pempek belitung dihargai sekitar Rp 150.000 per box yang berisi 15 buah.

4. Otak-otak

Otak-otak Belitung terbagi tiga jenis yaitu otak-otak panggang, otak-otak goreng, dan otak-otak kukus atau rebus. Di Belitung, otak-otak berbeda karena disantap dengan sambal tauco yang berwarna merah. Rasa kuahnya asam-asam, pedas manis, harganya pun juga sama seperti pempek, dan rajungan.

5. Bakso ikan

Makanan berbahan dasar ikan ini wajib menjadi catatan untuk kamu bawa pulang ketika selesai berlibur di Belitung.

Lagi-lagi Belitung terkenal dengan masakan olahan dari lautnya. Bakso ikan di Belitung berasal dari ikan ekor kuning atau ikan birai.

Makanan ini dapat menjadi favorit bagi pencinta makanan bakso. Meski terbuat dari ikan, namun dalam penyajiannya satu porsi bakso ikan dibuat mirip dengan bakso sapi pada umumnya, lengkap dengan kuah dan sayuran.

Tentunya, bakso ini dapat kamu temui di beberapa warung bakso di Belitung salah satunya warung Bakso Ikan Pak Long yang terletak di Jalan Telex, Air Ketekok, Tanjung Pandan.

6. Cakien

Bentuknya mirip dengan bakso namun lebih panjang. Terbuat dari daging ikan segar yang dibungkus atau dibalut dengan menggunakan kulit tahu.

Cakien terasa nikmat bila disajikan bersama bakso ikan dengan kuah yang hangat. Tekstur cakien yang kenyal ketika digigit. 

Untuk memesan cakien kamu harus memesan terlebih dulu ke pemandu wisata. Kamu tidak bisa memesan cakien ini secara dadakan karena ini merupakan produk olahan rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berikan Ulasan Anda

Berikan ulasan anda tentang destinasi favorit di Indonesia. Pendapat anda sangat berarti bagi peningkatan kualitas pariwisata nasional




    Translate »