Terminal Kota Madiun Layani 13.000 Penumpang pada Puncak Arus Balik


REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN — Puncak arus balik Lebaran tahun 2022 melalui Terminal Purboyo di Kota Madiun, Jawa Timur, tercatat terjadi pada Sabtu (7/5) atau H+4 Lebaran, dengan jumlah mencapai 13.000 lebih penumpang.”Membludaknya penumpang terjadi pada siang hingga sore hari. Jumlah penumpang yang berangkat melalui Terminal Purboyo ditaksir mencapai 13 ribu orang,” ujar Komandan Regu A Terminal Purboyo Kota Madiun Tjatur Setiawan , di Madiun, Sabtu (7/5/2022).

Menurut dia, puncak arus balik diperkirakan masih akan terjadi pada H+5 Lebaran, yakni hari Minggu tanggal 8 Mei 2022. Hal itu seiring dengan berakhirnya libur cuti bersama Lebaran 2022 dan pada Senin pekan depan sudah mulai hari masuk kerja dan sekolah seperti biasa.

Selain itu, juga masih akan diberangkatkan bus arus balik gratis yang difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan dari Terminal Purboyo Kota Madiun pada Ahad (8/5/2022) besok.Pemberangkatan sekitar pukul 10.00 WIB.

Setidaknya ada 15 armada bus yang akan mengangkut penumpang yang sudah terdaftar secara daring melalui laman www.mudikgratis.dephub.go.id. Adapun kota yang menjadi tujuan arus balik, mayoritas ke arah Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan sebagian ke arah Semarang, Bandung, serta Jakarta.

Selain penumpang berangkat, juga masih ada penumpang datang atau turun di Terminal Kota Madiun yang jumlahnya terpantau masih cukup tinggi, yakni 10 ribuan orang. Para penumpang datang tersebut diperkirakan pemudik yang sengaja memilih waktu mudik setelah masa angkutan Lebaran 2022.

Hal itu guna menghindari kemacetan dan keramaian penumpang.”Alhamdulillah sejauh ini kami pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 di Terminal Purboyo Kota Madiun, tergolong aman. Tidak ada laporan adanya tindak kriminalitas maupun kejadian lainnya,” katanya.

Pihaknya berharap kondisi mudik dan balik yang aman, sehat, lancar, dan selamat dapat terwujud hingga masa angkutan Lebaran 2022 selesai nanti.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »