Polisi Mewanti-wanti Pemudik di Bakauheni Demi Hindari Penumpukan



Jakarta, CNN Indonesia

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengimbau pemudik saat arus balik Lebaran 2022 untuk menyiapkan tiket kapal sebelum memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Menurut Pandra, hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pemudik di pelabuhan pada puncak arus balik Lebaran 2022.

“Kepada pemudik, baik yang menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera, bisa isi terlebih dulu tiket Feryzi di rest area menuju Pelabuhan Bakauheni, yaitu di Rest Area KM 87, KM 49, dan KM 20,” kata Pandra saat dihubungi, Sabtu (7/5).

Selain itu, pemudik yang menggunakan jalur arteri bisa membeli tiket di Rumah Makan (RM) Alam Mutiara, RM Siang Malam dan untuk lintas timur di RM Tiga Saudara.

Antisipasi selanjutnya, pemudik yang hendak kembali ke Pulau Jawa juga diimbau untuk menggunakan Pelabuhan Panjang di Kota Bandarlampung, Lampung sebagai jalur penyebrangan alternatif selain Pelabuhan Bakauheni.

“Penumpang diimbau atau disosialisasi bahwa selain Pelabuhan Bakauheni yang ada di Lampung Selatan, ada Pelabuhan Panjang yang ada di Kota Bandar Lampung,” kata Pandra.

“Pelabuhan Panjang ini berada di Kota Bandarlampung yang berjarak 70 kilometer dari atau ke Pelabuhan Bakauheni. Ini akan memangkas perjalanan para pemudik yang akan melakukan arus balik,” imbuhnya.

Pandra menambahkan, Polda Lampung juga menyiapkan skema buka tutup Jalan Tol Trans Sumatera apabila kemacetan sudah mulai mengular di Pelabuhan Bakauheni.

Nantinya, apabila kemacetan sudah melebihi jarak sekitar 1 km hingga 4 km, semua kendaraan akan diarahkan ke rest area jalan tol.

“Akan dimasukkan ke kantong-kantong di rest area yang ada di wilayah Jalan Tol Trans Sumatera, apakah itu KM 87, KM 49, atau KM 20 yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni,” ujar Pandra.

Sementara itu, menurut Pandra, sampai Sabtu siang ini volume lalu lintas menuju Pelabuhan Bakauheni juga masih normal. Ia memprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai malam hingga dini hari nanti.

“Jadi, banyak warga terkadang jalannya malam, makanya jadi penumpukan di sore menjelang malam supaya menghindar dari terik matahari,” pungkasnya.

(dmi/bac)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »